FRDM FH UPNVJ Juara 1 Lomba Debat Nasional Riau Law Fair 2019

Pada hari sabtu 23 maret delegasi debat dari Forum Riset dan Debat Mahasiswa Fakultas Hukum UPNVJ atau biasa disingkat FRDM yang terdiri dari Elaina Aurylia Permadi, (angkatan 2016), Rika Putri Wulandari (angkatan 2017), Berliana Yuliyanti Wijaya (angkatan 2017) dan Khoirur Rizal Lutfi, SH., MH sebagai dosen pendamping mahasiwa, berhasil meraih juara 1 dalam lomba debat  bertingkat nasional, dan untuk meraih juara itupun tidak dengan proses yang mudah

Dalam tahap penyisihan, UPNVJ berada di chamber A bersama dengan Universitas Maranata dan USU. Untuk melaju ke babak semifinal, UPNVJ bertanding sebanyak dua kali tanpa jeda. Pertandingan pertama melawan Universitas Maranata dengan mosi ‘Wajib Aksara Melayu 9 Tahun dalam Kurikulum Pendidikan di Provinsi Riau’. Dilanjutkan dengan pertandingan kedua melawan USU dengan mosi ‘Pemberian Wewenang Kepada Badan Pertanahan Nasional untuk Mengeluarkan Sertifikat Tanah Ulayat’. 

Setelah itu, lanjut ke babak semifinal. Dari chamber A sendiri, yang melaju adalah UPNVJ dan Universitas Maranata Bandung. Dari chamber yang lain, ada Universitas Medan Area dan UIN Suska. Universitas Medan Area bertanding melawan Universitas Maranata untuk perebutan juara 3 yang dimenangkan oleh Universitas Maranata. 

Dalam babak Final, UPNVJ bertanding melawan UIN Suska yang akhirnya dimenangkan oleh UPNVJ. Untuk juri ada sekitar 6 orang yang menilai, dan untuk best speaker dimenangkan oleh  Universitas Medan Area 

Proses

Untuk bisa berada di posisi juara, ditempuh proses yang panjang. Persiapan dilakukan selama satu bulan karena diberikan 10 mosi yang dikeluarkan satu bulan sebelum lomba dimulai. Untuk delegasi dari UPNVJ sendiri bisa menyelesaikan 1 mosi dengan menyusun argumentasi dalam dua hari. Delegasi UPNVJ berangkat hari Rabu tanggal 20 Maret 2019, untuk hari perlombaan diadakan pada hari Jumat dan pengumuman diumumkan sehari setelah perlombaan yaitu hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019.

Suka duka

Mengikuti perlombaan ini merupakan hal yang baru, karena tema dari lomba tersebut bukanlah tema yang umum, melainkan tentang hukum adat. Mengapa bisa mengambil tema hukum adat? Karena di Riau sedang menggalakkan provinsinya sebagai provinsi yang memelihara hukum adatnya. Jadi diharapkan para delegasi  khsusunya dari UPNVJ mengedepankan hal-hal yang dekat dengan itu dan berdebat sesuai dengan kebutuhan hukum yang ada disana pada saat ini. Karena di UPNVJ ini pakar hukum adatnya masih kurang, jadi untuk persiapannya pun delegasi benar-benar menggali sendiri.

Motivasi

Motivasi tentu untuk FH UPNVJ, karena semua pihak menginginkan kenaikan akreditasi, alangkah baiknya delegasi bisa membantu menaikkan akreditasi dan jangan sampai terjadi untuk kedepannya bukan mahasiswa yang besar karena nama kampusnya, tetapi seharusnya kampus yang besar karena nama mahasiswanya. Jadi semua pihak memiliki peran masing masing untuk membangun fakultas, seperti FRDM disini hadir membantu menaikan nama UPNVJ melalui cabang perlombaan debat.

Sekali lagi, selamat untuk…

Elaina Aurylia Permadi 

Rika Putri Wulandari 

Berliana Yuliyanti Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.